Aplikasi Sistem Kinerja Hasil Belajar Mahasiswa : Efisiensi waktu untuk Prodi, Dosen dan Mahasiswa

Penggunaan teknologi di era saat ini sangatlah membantu untuk menyelesaikan pekerjaan manusia. Dengan adanya pemanfaatan fungsi sistem teknologi, seharusnya sudah dapat membuat efisiensi terhadap beberapa faktor dari pekerjaan yang dikerjakan manusia. Teknologi memberikan banyak keuntungan di berbagai bidang instansi, salah satunya adalah di bidang instansi pendidikan universitas.

Salah satu kebutuhan dasar pada kegiatan operasional sebuah universitas yaitu adalah pengelolaan data data nilai dari dosen kepada mahasiswa yang dimonitoring oleh program studi. Masalah yang muncul adalah karena jumlah dari mahasiswa pada suatu universitas itu tidaklah sedikit, apabila dilakukan perhitungan secara manual akan menghabiskan waktu yang cukup lama dengan tingkat akurat yang kurang maksimal. Oleh karena itu untuk memudahkan hal tersebut maka seharusnya setiap universitas mempunyai sistem aplikasi yang dapat membantu pengelolaan data nilai kemahasiswaan. Penerapan teknologi untuk pengelolaan data-data nilai mahasiswa pastinya meliputi 3 aspek manajemen penggunaan, yaitu program studi, dosen dan mahasiswa. Berikut rinciannya :

Manajemen Penggunaan Program studi

Manajemen Pengguna Prodi merupakan fitur yang berfungsi untuk menampilkan, mengedit dan menghapus data yang ada di sistem administrator, dimana pada fitur ini dapat menambahkan data pengguna, mengedit data pengguna dan menghapus data pengguna.

Dashboard Program Studi

Dashboard prodi merupakan fitur yang berfungsi untuk menampilkan data visual terkait seluruh data dosen, mahasiswa, mata kuliah, data kelulusan capaian pembelajaran lulusan dan data kelulusan mata kuliah.

Manajemen Semester

Pada sistem administrator ini pun bisa untuk mengatur manajemen semester , dimana pada fitur ini merupakan fitur yang berfungsi untuk menampilkan, mengedit dan menghapus data semester

Manajemen Dosen

Manajemen Dosen merupakan fitur yang berfungsi untuk menampilkan, mengedit dan menghapus data dosen yang ada di sistem program studi.

Manajemen Mahasiswa

Manajemen Mahasiswa merupakan fitur yang berfungsi untuk menampilkan, mengedit dan menghapus data mahasiswa yang ada di sistem prodi. Dalam hal ini prodi dapat melihat data dari masing masih mahasiswa pada program studi tersebut

Manajemen Kurikulum

Manajemen Kurikulum merupakan fitur yang berfungsi untuk menampilkan, mengedit dan menghapus data kurikulum yang ada di sistem program studi. Dalam manajemen kurikulum inipun terdapat fitur menampilkan data capaian lulusan pembelajaran yang terintegrasi dengan data mata kuliah.

Manajemen Kelas

Manajemen Kelas merupakan fitur yang berfungsi untuk menampilkan, mengedit dan menghapus data yang ada di sistem program studi.

Manajemen Nilai

Manajemen Nilai merupakan fitur yang berfungsi untuk menampilkan, mengedit dan menghapus data yang ada di sistem program studi.

Manajemen Penggunaan Dosen

Dashboard Dosen

Dashboard dosen merupakan fitur yang berfungsi untuk menampilkan data terkait seluruh data mahasiswa, kelas, data kelulusan capaian pembelajaran lulusan dan data kelulusan mata kuliah

Manajemen Nilai Dosen

Manajemen Nilai Dosen merupakan fitur yang dapat menampilkan, mengedit dan menghapus data nilai mahasiswa. Pada manajemen nilai dosen ini terdapat 3 bagian, yaitu :

  • Halaman Pilih Tahun Ajaran
  • Halaman Pilih kelas
  • Halaman Nilai Pada Dosen (yang dapat ditambahkan, diubah ataupun dihapus)

Manajemen Penggunaan Mahasiswa

Manajemen Nilai Kumulatif

Manajemen Nilai Kumulatif merupakan fitur yang dapat menampilkan data nilai kumulatif mahasiswa. Dalam fitur ini mahasiswa dapat melihat nilai kumulatif yang sudah diberikan dosen, jadi secara otomatis nilai yg sudah ditambahkan oleh dosen akan terintegrasi pada tampilan nilai yang bisa dilihat oleh mahasiswa.

Manajemen Nilai Semester

Manajemen Nilai Semester merupakan fitur yang dapat menampilkan data nilai semester mahasiswa.

Berikut adalah salah satu aplikasi yang dapat membantu operasional di instansi perguruan tinggi/universitas. Masih banyak fitur lagi yang bisa kami kembangkan tergantung dari kebutuhan yang diusulkan. Maka dari itu apabila anda membutuhkan sistem seperti ini atau sistem sejenis lainnya, bisa menghubungi kami PT. Javan Cipta Solusi (www.javan.co.id). Perusahaan kami sudah memiliki pengalaman dalam membuat ataupun mengembangkan sebuah sistem yang bisa membantu anda mendapatkan hasil yang optimal.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *