TafsirQ.com : Tafsir Al-Quran Online

Overview

Perkembangan teknologi sekarang ini telah banyak menunjukan kemajuan dan perubahan yang luar biasa. Salah satunya adalah dengan hadirnya banyak web situs Al-quran Digital yang dapat mudah diakses melalui internet pada perangkat handset ataupun PC. Namun sayang sekali kebanyakan dari situs Al-quran digital yang saat ini ada di web masih jarang yang menyertakan dengan Tafsirnya. Sebagaimana yang kita tahu bahwa mempelajari Tafsir Al-Quran sifatnya dalah wajib.

TafsirQ.com adalah sebuah search engine khusus tafsir Al-Quran dan Hadits yang memudahkan umat muslim mencari dan memahami tafsir ayat-ayat Al-Quran dan Hadits yang memilki beberapa fitur sebagai berikut :

Indeks Surat Al-Quran

Pada Index Surat Alquran ini dapat di filter sesuai dengan yang akan dicari, terdapat filter Surat, Juz dan Tema.

Untuk filter surat terdiri dari keseluruhan surat-surat Al-Quran mulai dari surat Al- Fatihah hingga An Nass beserta terjemahannya. Untuk filter Juz terdiri dari Juz 1 hingga juz 30. Dan untuk filter tema adalah filter untuk menunjukan tema-tema tafsir sesuai dengan yang kita pilih yang akan merujuk pada surat surat Al-Quran yang sesuai dengan tema yang dicari.

Hadits

Banyak tentang kehidupan kita terkait kehidupan sehari -hari yang selalu meliputi hadits, maka dari itu Hadits disajikan pada web ini secara lengkap dan terperinci dimulai dari hadits Abu daud, Ahmad, Bukhori, Darimi, Ibnu Majah, Malik, Muslim, Nasai, dan Tirmidzi.

Doa

Pada tab Doa ini terdapat macam-macam Doa pendek yang dapat diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari.

Cerita Hikmah

Membaca adalah kegiatan yang mendatangkan banyak manfaat karena dengan membaca pengetahuan kita akan bertambah. Baik itu pengetahuan yang berhubungan dengan keilmuan maupun hanya sekedar berita atau informasi. Maka dari itu pada tab cerita hikmah ini menyajikan banyak cerita cerita yang bermanfaat terkait cerita sahabat sahabat nabi dll.

Tilawah Ayat

Secara kata, tilawah memiliki arti membaca atau bacaan, sedangkan menurut istilah tilawah adalah membaca Al-Qur’an sehingga dikenal dengan Tilawah Qur’an atau Tilawah Al-Qur’an. Lebih jelasnya lagi, istilah ini adalah membaca Al-Qur’an dengan menampakkan huruf-huruf serta melafadzkannya dengan hati-hati. Hal ini dilakukan untuk memahami makna-makna yang terkandung dalam ayat-ayat suci tersebut.

Pada tab ini dapat memfilter surat dan ayat yang akan dibaca serta dilengkapi juga dengan tafsir per ayat yang terdiri dari tafsir Jalayn dan Tafsir Quraish Shihab

Mushaf Madina

Pada Web TafsirQ ini menyajikan Mushaf Madina. Mushaf Madina adalah mushaf al-quran dengan standar penulisan Madinah.

Fatwa DSN

Banyak sekali diantara kita yang kurang mengetahui informasi fatwa terkait perkembangan di era modern ini. Terutama terkait pembiayaan, banyak dari kita yang keliru akan pembiayaan syariah. Pada halaman ini di informasikan fatwa fatwa DSN MUI yang menginformasika terkait pembiayaan syariah dll nya.

Share & Diskusi

Di tafsirq.com juga bisa share tafsir ayat yang disukai, dan bisa juga mendiskusikan topik-topik menarik bersama teman teman.

Banyak sekali manfaat dari web tafsirQ ini yang dapat memberikan pendalaman dari bacaan Surat Al-quran beserta tafsirnya, Hadits dan Cerita Hikmah. Dapatkan tafsir yang kamu cari saat ini juga, langsung di tafsirq.com, tanpa harus membuka kitab tafsir halaman demi halaman.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *