Semua Bisa Pantau Harga Kebutuhan Pokok Melalui Web

Source: Ilustrasi harga sembako. ©2016 Merdeka.com

Mengapa Harga Perlu di Pantau?

Informasi ketersediaan dan harga kebutuhan pokok sangat diperlukan oleh masyarakat, informasi ini berguna untuk meminimalisir pemberian harga yang tidak sesuai oleh penjual, untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok, pengaturan stok bahan makanan, serta sebagai pengetahuan masyarakat akan harga bahan pokok saat ini. Informasi ini berguna bagi penjual, pembeli, serta dinas terkait yang memerlukan informasi yang akurat mengenai harga kebutuhan pokok.

Maka dari itu, pemerintah atau dinas perdagangan khususnya perlu membangun aplikasi atau sistem informasi yang dapat memberikan informasi ketersediaan dan harga dari kebutuhan pangan masyarakat secara realtime. Apabila sebelumnya masyarakat dan dinas terkait kesulitan mendapatkan informasi harga rata-rata yang dari suatu kebutuhan pokok, maka dengan adanya sistem informasi kebutuhan pokok masyarakat atau bisa disingkat KEPOKMAS akan memudahkan masyarakat ketika mencari informasi mengenai harga kebutuhan bahan pokok dengan cepat, realtime, dan akurat.

Manfaat Aplikasi Kepokmas

Berikut ini adalah manfaat lain dari aplikasi kepokmas

  1. Sebagai media untuk mengetahui statistik harga kebutuhan pokok masyarakat
  2. Sebagai media untuk mengetahui harga kebutuhan pokok per komoditas, wilayah, dan pasar.
  3. Sebagai media untuk monitoring harga yang akurat, efisiensi, dan realtime
  4. Untuk membantu pemerintah dalam mengambil keputusan/kebijakan bagi pemerintah pusat/daerah untuk menjaga stabilitas harga yang beredar di masyarakat.

Fitur Aplikasi Kepokmas

Ada beberapa fitur yang perlu dimiliki oleh aplikasi Kepokmas, agar informasi dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat. PT. Javan Cipta Solusi, berpengalaman dalam membuat aplikasi Kebutuhan Pokok Masyarakat (Kepokmas) dengan membuat aplikasi Kepokmas dengan fitur sebagai berikut:

Dashboard Harga Kebutuhan Pokok

Dashboard harga kebutuhan pokok merupakan halaman utama dari aplikasi yang menampilkan daftar harga kebutuhan pokok hari ini. Pada informasi tersebut terdapat foto, nama komoditas, harga saat ini, keterangan (harga tetap, naik, atau turun).

Selain itu, masyarakat dapat melihat semua harga kebutuhan pokok per pasar atau wilayah.

Harga Rata-Rata Komoditas di tingkat produsen

Untuk mengetahui harga suatu komoditas di tingkat produsen.

Daftar Pasar

Akan menampilkan daftar pasar yang ada pada suatu wilayah.

Maps Lokasi Pasar

Untuk mengetahui sebaran dan lokasi pasar yang ada pada suatu wilayah lengkap dengan alamat pasar tersebut.

Statistik Per-Pasar

Menu ini akan menampilkan informasi statistik harga komoditas bahan pokok setiap harinya pada suatu pasar. Pengguna dapat memilih pasar mana yang akan dicari beserta bulan serta tahun.

Statistik Per-Komoditas

Statistik per komoditas akan menampilkan harga suatu komoditas pada semua pasar yang ada di wilayah tersebut.

Download dan Cetak Informasi

Aplikasi ini juga menyediakan fitur download apabila pengguna akan mendownload data/informasi harga kebutuhan pokok, serta fitur cetak apabila pengguna akan mencetak data/informasi harga kebutuhan pokok.

Berita

Aplikasi ini dapat menampilkan informasi berupa artikel berita maupun pengumuman terkait kebutuhan pokok masyarakat.

Semua fitur di atas adalah fitur utama dari suatu sistem yang akan menginformasikan harga kebutuhan pokok masyarakat dalam suatu wilayah. Apabila Anda akan membuat sistem serupa, kami PT. Javan Cipta Solusi akan siap membantu Anda. Sistem serupa tidak terbatas pada informasi kebutuhan pokok masyarakat yang kami sampaikan dalam contoh. Anda bisa menambahkan fitur lain sesuai kebutuhan Anda. Silakan menghubungi kami melalui website PT. Javan Cipta Solusi atau melalui https://portofolio.javan.co.id/contact-us/.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *