Pengelolaan Data Pelanggan pada UMKM dengan SuiteCRM/SugarCRM

CRM merupakan singkatan dari Customer Relationship Management, fungsi aplikasi ini berguna untuk mengelola konsumen pada suatu perusahaan baik perusahaan kecil maupun besar. Namun rata-rata saat ini penggunaan aplikasi CRM masih banyak digunakan oleh perusahaan menengah ke atas. Padahal pengelolaan database konsumen ini dibutuhkan juga oleh perusahaan kecil (UMKM). Kenapa hal tersebut umumnya terjadi? Karena perusahaan kecil selalu berpikir bahwa untuk mengimplementasikan sistem untuk kebutuhan operasional seperti CRM ini akan memerlukan biaya yang besar. Sehingga mereka cenderung untuk menggunakan sistem manual dalam mengelola data konsumen misal menyimpan data pelanggan pada spreadsheet atau dengan menyimpan data manual di buku catatan. Padahal ada beberapa UMKM yang sudah memiliki pelanggan yang banyak. Dengan menyimpan data konsumen secara manual ada banyak kekurangan diantaranya adalah data hilang, kesulitan mencari data sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk mencari data pelanggan. Nah, berbeda dengan menggunakan sistem CRM, data akan tersimpan dengan aman pada sistem, jumlah data konsumen tidak terbatas, serta pencarian data konsumen bisa cepat dan akurat.

Berikut ini adalah tampilan dan kegunaan dari setiap fitur yang ada pada aplikasi CRM:

Pengelolaan data konsumen

Create Account

Aplikasi CRM terdapat fitur utama yaitu menyimpan data klien/konsumen lengkap beserta informasi kontaknya. Selain itu terdapat PIC dari perusahaan yang bertanggung jawab terhadap klien tersebut.

Opportunities

Mengelola opportunities atau project bersama klien tersebut

Pada fitur ini terdapat memudahkan perusahaan dalam mengelola prospek. Terdapat informasi:

  • Nama prospek/Project
  • Sales stage (posisi tahapan prospek tersebut, dari mulai prospect, analisis, pengiriman penawaran, negosiasi, deal/tidaknya prospek)
  • Probability (berapa persen kemungkinan berhasil)
  • Next step (Step selanjutnya)
  • Lead Source (darimana klien tersebut didapat)

Activities

Terdiri dari calendar aktivitas yang berkaitan dengan sales dan marketing, calls, jadwal meeting, email, task, dan catatan.

Collaborations

Memungkinkan semua anggota tim sales dan marketing melakukan sharing dokumen dsb pada aplikasi langsung.

Demikian preview singkat dari sistem CRM yang kami implementasikan pada perusahaan kami dan beberapa UMKM, masih banyak keunggulan dari sistem tersebut selain yang disebutkan diatas. Adanya persepsi bahwa UMKM enggan menggunakan teknologi karena akan mengeluarkan biaya yang besar, menjadikan peluang bagi PT. Javan Cipta Solusi untuk mematahkan persepsi tersebut.

Kami memberikan solusi kemudahan bagi para UMKM khususnya untuk dapat mencoba mengimplementasikan teknologi pada operasional perusahaannya seperti CRM yang sudah dibahas tadi, Human Resources Management Information System, Sistem Pengelolaan Keuangan Perusahaan, E-Commerce, serta pengelolaan website atau company profile perusahaan. Semua aplikasi tersebut akan kami implementasikan pada perusahaan khususnya UMKM, tentunya dengan biaya yang sangat terjangkau. Dengan bantuan teknologi tersebut, kami berharap agar semua UMKM di Indonesia akan menjadi UMKM yang baik, high-tech, dan siap untuk menjadi perusahaan besar. Maka dari itu, apabila Anda ingin lebih mengenal apa itu CRM dan aplikasi pendukung operasional untuk bisnis Anda, kami PT. Javan Cipta Solusi siap membantu Anda untuk mengoptimasi bisnis Anda.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *